Faktor Penyebab Thalasemia

Penyakit thalasemia terjadi akibat dari ketidakmampuan sumsum tulang dalam membentuk protein yang dibutuhkan dalam memproduksi hemoglobin (sel darah merah). Hemoglobin dalam kehidupan manusia berfungsi sebagai media tubuh yang bertugas membawa oksigen dari paru-paru ke seluruh bagian tubuh sebagai salah satu energi tubuh manusia. Hemoglobin merupakan bagian dari protein yang diperkaya dengan zat besi. Jika tubuh kekurangan hemoglobin, maka fungsi organ-organ tubuh tidak akan terpenuhi dengan baik akibatnya fungsi tubuh pun terganggu dan tidak mampu melakukan aktivitas seperti biasa dengan optimal.

Thalasemia datang disebabkan oleh penyakit keturunan dari gen orang tua yang memiliki latar belakang penyakit thalasemia yang kemudian menurun pada anak sehingga anak memiliki risiko tinggi menderita thalasemia trait atau thalasemia bawaan, thalasemia bawaan risiko lebih tinggi dibanding dengan orang tua, sehingga pengobatan dan proses penyembuuhannya pun dikatakan cukup sulit.

Penderita thalasemia ini pun harus mendapat pasokan sel darah sehat setiap bulan atau disesuaikan dengan kebutuhan dan jenis dari thalasemia yang diderita. Tentunya penyakit thalasemia membutuhkan perawatan serta pengobatan yang menelan biaya yang cukup mahal, ditambah sulitnya mendapatkan donor darah yang sesuai dengan darah si penderita.

Penyakit thalasemia muncul dilatar belakangi oleh beberapa faktor penyebab umum yang diketahui berdasarkan beberapa kasus thalasemia yang terjadi, adalah :

1. Faktor genetika atau keturunan

Hampir 80 % penyakit thalasemia muncul dari gen orang tua yang memiliki riwayat penyakit demikian, entah dari kedua orang tua atau salah satu dari orang tua yang memiliki penyakit demikian, kemudian diwariskan kepada anak dengan risiko yang lebih tinggi.

2. Kecacatan dari kandungan

Penderita thalasemia umumnya banyak ditemukan pada usai balita atau anak-anak dengan rentang usia hingga 12-18 tahun. Thalasemia juga dapt diturunkan kepada janin dari dalam kandungan oleh ibu yang memiliki penyakit demikian. Kemudian ketika lahir anak sudah menderita thalasemia dan untuk bertahan hidup, anak harus mendapatkan transfusi darah mulai dari dalam kandungan hingga bayi terlahir. Dengan kata lain sejak lahir dan sepanjang hidup anak harus mendapatkan transfusi darah.


=====================================

>>> Jeli Gamat Luxor Untuk Mengatasi Penyakit Thalasemia dan Penyakit Lainnya, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Obat Thalasemia and tagged , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>