Jenis Penyakit Thalasemia

Jenis Penyakit ThalasemiaThalasemia merupakan kelainan genetik yang disebabkan oleh rendahnya kemamapuan pembentukan hemoglobin karena terjadi gangguan pada salah satu goblin. Sintesis itu terhalang pada transkripsi mRNA ketika menerjemahkan globin. Hak ini menyebabkan eritrosit dalam mengangkut oksigen sangat rendah (anemia). Jenis penyakit thalasemia ada dua yaitu penyakit thalasemia minor dan thalasemia mayor.

Jenis Penyakit Thalasemia

Jenis Penyakit Thalasemia

Penyakit Thalasemia

Thalasemia adalah penyakit bawaan dimana sistem tumbuh penderitanya tidak mampu memproduksi hemoglobin yang normal. Hemoglobin abnormal yang dihasilkannya mempunyai masa hidup yang pendek dan cepat sekali di urai oleh tubuh sehingga menyebabkan anemia. Tes darah khusus dapat mendeteksi apakah anak Anda menderita salah satu jenis thalasemia, Thalasemia alfa (jenis thalasemia yang lebih berat) atau thalasemia beta (pengobatannya membutuhkan transfusi darah secara teratur). Jenis penyakit thalasemia harus diketahui dengan pasti.

Jenis penyakit thalasemia minor, jika salah satu atau kedua orangtua mungkin merupakan pembawa (carrier) penyakit thalasemia, yang akan menyebabkan anak Anda mewarisi gen-gen yang menyebabkan thalasemia tapi tidak membawa pengaruh besar pada darahnya. Hanya anak-anak yang menderita jenis penyakit thalasemia mayor yang menghadapi masalah besar.

Jenis penyakit thalasemia minor jika pasangan Anda pembawa penyakit ini, tingkat kemungkinan gen anak Anda membawa thalasemia adalah 50%. Namun, jika kedua orangtua sama-sama pembawa, peluang anak Anda tidak akan menderita thalasmeia mayor adalah satu banding empat. Thalasemia pada janin dapat didiagnosis melalui res diagnostik khusus. Tes ini akan dilakukan bila orangtua mengkhawatirkan kondisi anaknya. Ada orangtua yang memilih untuk menggugurkan kandungannya ketimbang anaknya harus mengalami kesulitan yang berkaitan dengan thalasemia mayor.

Mungkin pada kebanyakan orang masih ada yang belum paham mengenai penyakit thalasemia. Thalasemia merupakan salah satu jenis penyakit keturunan  atau bawaan yang terjadi akibat dari suatu kerusakan dibagian susunan DNA yang bisa menyebabkan terjadinya suatu kelainan dalam membentuk hemoglobin yang bisa membuat produksi dari hemoglobin lama kelamaan akan semakin berkurang. Thalasemia biasanya akan diturunkan oleh gen yang disebut dengan gen globin alfa dan juga gen globin beta. Gen globin beta yang ada di kromosom 11 dan juga berpasangan. Fungsi dari gen adalah untuk mengatur dari terbentuknya suatu komponen pada penyusunan hemoglobin dalam darah. Jika yang terjadi adalah suatu kelainan dibagian salah satun gen globin maka biasanya orang tadi dianggap sebagai pembawa atau karier thalasemia beta. Dan jika memang kelainan yang terjadi pada gen globin alfa, maka biasanya akan menyebabkakn seseorang terserang penyakit thalasemia alfa. Dan selain itu juga ada beberapa jenis penyakit thalasemia yang terjadi.

Gejala Thalasemia

Gejala yang ditemukan pada penyakit thalasemia adalah dokter akan menemukan adanya suatu penyakit anemia. Maka mereka akan melakukan pemeriksaan untuk membantu mencari penyebab anemia tersebut terjadi. Pemeriksaan yang dilakukan adalah dengan pemeriksaan darah secara rutin, pemeriksaan yang dilakukan dengan lebih speesifik, misalnya adalah dengan kadar feritin, sampai pemeriksaan pada sumsum tulang. Jika memang ditemukan suatu kecurigaan dari diagnosis ke arah tahalsemia, maka biasanya hal yang akan dilakukan selanjutnya adalah analisis pada genetika, dimulai dengan cara elektroforesis hemoglobin. Dan riwayat dari keluarga yang menjadi salah satu informasi sangat penting dalam hal menegakkan diagnosis pada penyakti thalasemia.

Terapi obat thalasemia yang biasanya diberikan tergantung dari tingkat penyakitnya. Pada kasus penyakit thalasemia yang ringan atau karier thalasemia, maka tidak membutuhkan terapi obat thalasmeia. Namun untuk kasus penyakit thalasemia yang berat maka membutuhkan suatu transfusi darah, bahkan juga membutuhkan obat thalasemia yang membutuhkan transfusi yang dilakukan dengan berkala. Rerkadang pada kondisi atau keadaan yang amat berat yang bisa menimbulkan terjadinya pembesaran pada limpa biasanya tidak berkompensasi lagi oleh tubuh, dan membutuhkan terapi obat thalasemia dalam bentuk terapi bedah, dan kemudian limpa akan dibuang.

Obat thalasemia yang baik yang harus dilakukan juga adalah pengaturan diet yang harus dilakukan dengan baik dan juga seimbang yang secara tidak langsung bisa membantu pasien. Sebaiknya jangan lupa bahwa pasien juga harus mendapatkan dukungan dalam hal aspek kejiwaan atau juga aspek sosial, dan paling utama adalah pasien membutuhkan terapi yang dilakukan dnegan rutin dan juga dilakukan dengan berkala. Dukungan dari keluarga, pasangan, atau juga dari calon pasangan merupakan salah satu hal yang sangat penting.

Pencegahan yang dilakukan pada kasus penyakit thalasemia biasanya adalah dnegan menganjurkan mereka yang tergolong ke dalam thalasemia trait untuk menikah dengan mereka yang tidak mengalami masalah penyakit thalasemia atau berdarah normal, karena anak-anak yang akan lahir dari pasangan ini biasanya tidak akan terserang dan mengalami thalasemia mayor, walaupun masih kemungkinan terjadi resiko akan terjadi penyakit thalasemia trait. Pada pasangan suami istri yang masuk ke dalam golongan thalasemia trait untuk bisa mencegah terjadinya suatu kemungkinan melahirkan anak dengan kasus thalasmeia mayor, dengan melakukan sistem perencanaan yang bisa dibantu dari dokter ahli genetika.

Jika pada penderita penyakit thalasemia tidak ditangani dengan baik, maka masa bertahan mereka biasanya hanya akan terjadi selama 8 tahun.

Jenis Penyakit Thalasemia

Cara Pemesanan Jeli Gamat Luxor – Obat Thalassemia
Membantu Pengobatan Thalassemia

Harga Jeli Gamat Luxor Obat Thalasemia 1 botol Isi 350 ml = Rp. 265.000,-/ botol

Cara Pemesanan : SMS ke 0852-1617-3280, tuliskan : Pesan Jeli Gamat Luxor Obat Thalasemia, Jumlah Botol, Nama Anda dan Alamat Kirim Lengkap (untuk menentukan ongkos kirim)


=====================================

>>> Jeli Gamat Luxor Untuk Mengatasi Penyakit Thalasemia dan Penyakit Lainnya, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Obat Thalasemia and tagged , , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Comments are closed.